Entri Populer

Kamis, 06 Januari 2011

STRATEGI DAN TAKTIK PEMENANGAN PEMILU


REKOMENDASI
STRATEGI DAN TAKTIK PEMENANGAN PEMILU
PANDEGLANG

PENGANTAR
·         Gambaran medan perang, berdasarkan survey, gerakan struktural partai, dukungan tokoh, militansi kader, dan gerak gotong royong seluruh kader Partai, maka jalan kemenangan Pasangan IRAMA, no 5, berada di depan mata. Kunci saat ini: penerapan strategi pemenangan pemilu pada H-11.
·         Strategi tetap bertumpu pada gabungan serangan udara dan serangan darat dengan tetap fokus kepada pemilih. Fokus utama: daerah basis dan daerah padat penduduk.

KUNCI STRATEGI
Setiap peristiwa politik harus dirancang untuk mendapatkan keuntungan politik bagi pasangan IRAMA no 5.  Dan TIDAK boleh ada kesalahan strategi dan kesalahan tindakan menjelang H-11 dimana intensitas persaingan semakin kuat.
Strategi adalah mengalahkan strategi lawan; memecah aliansi lawan; dan yang terburuk baru menyerang basis pertahanan lawan.
Fokus tetap gerakan ke pemilih: harus dibangun atmosfir/persepsi menang atau kuat untuk pasangan IRAMA serta kecurangan pasangan No 6. Ini harus menjadi pembicaraan di setiap kerumunan.

SERANGAN UDARA
·         Serangan udara dilakukan melalui media cetak; radio; dukungan para tokoh; dan issue terhadap program yang membedakan pasangan IRAMA dengan pasangan lainnya.
·         Motode: setiap hari harus ada 1 issue utama untuk setiap segmen pemilih yang disampaikan melalui media cetak dan radio. Pemberitaan di media cetak kemudian di kliping, diperbanyak, dan manjadi alat bagi seluruh struktural partai dan kelompok relawan untuk membagi copy berita tersebut ke masyarakat/ rumah-rumah.







·         Rancangan pemberitaan:
Kamis, 16 desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Segmen pemilih: pemuda dan mahasiswa
Pemuda dan mahasiswa adalah masa depan Pandeglang. Mereka harus dipersiapkan menjadi calon pemimpin yang berkarakter; yang memiliki tanggung jawab kemasyarakatan yang besar untuk membangun Pandeglang. Pelatihan kepemimpinan pemuda dan mahasiswa, serta melibatkan mereka dalam aktivitas sosial kemasyarakatan melalui pelatihan organisasi mutlak dilakukan.

Jumat 17  Desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Segmen Pemilih: Pedagang pasar tradisional dan kaki Lima
Pasangan IRAMA menyadari bahwa tulang punggung perekonomian Pandeglang adalah rakyat kecil. Karena itulah, kami telah belajar dari Walikota Surakarta dan Surabaya, yang berhasil membangun kota yang manusiawai dan menjadikan pasar tradisional sebagai pusat transaksi perdagangan rakyat. Melalui APBD yang berpihak, maka pasar tradisional harus segera dibangun dan pemda memfasilitasi manajemen pengelolaan pasar yang bersih, aman, dan menempatkan pedagang pasar dan kaki lima sebagai prioritas pembinaan.
Walikota Solo yang berasal dari PDI Perjuangan telah membuktikan bahwa selama 5 tahun mampu membangun 13 Pasar tradisional dan melarang pendirian supermarket.

Sabtu 18 Desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Segmen pemilih: Petani.
Press release pasangan calon.
Atas doa restu masyarakat Pandeglang, pasangan IRAMA, pasangan no 5, apabila diijinkan oleh rakyat untuk memimpin Pandeglang, maka bagi saudara-saudara para petani, kami bertekad:
·         Meningkatkan kesejahteraan petani dengan meningkatkan produksi gabah dari ...ton/ha, menjadi ..ton/ha (pengalaman di Bantul, dari 4.5 ton menjadi 7 ton/ha) melalui penyediaan bibit unggul yang sesuai dengan kondisi tanah di Pandeglang; meningkatkan ketrampilan petani di dalam berproduksi melalui penerapan metode SRI; dan campur tangan pemda guna memberikan jaminan terhadap stabilitas harga gabah yang memberikan keuntungan petani; stabilisasi harga pupuk dan ketersediaan pupuk; serta perbaikan sarana irigasi
·         Menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dengan memfasilitasi ternak sapi untuk rakyat. Peternakan sapi yang terintegraasi menjamin ketersediaan pupuk organik bagi petani.
·         Kerjasama dengan perguruan tinggi diperlukan untuk tercapaianya program di atas; Disamping itu, rancangan kebijakan anggaran melalui APBD harus difokuskan untuk menopang program di atas.

Senin, 20 Desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Pembangunan Infrastruktur Desa
·         Rakyat Pandeglang dikenal sifatnya yang suka bergotong royong. Ketika kami memimpin, kami menyadari bahwa dana pembangunan infrastruktur desa sangat terbatas. Namun pengaspalan jalan desa ini sangat penting sebagai bagian dari uratnadinya ekonomi rakyat. Krn itulah pembangunan infrastruktur desa akan dilakukan dengan melibatkan masyarakat desa. Pemda menyediakan material, alat berat dan standar upah untuk perbaikan jalan desa dengan cara gotong royong. Program ini selain meningkatkan pendapatan masyarakat desa, juga akan menjadi sarana pengangkutan hasil bumi.
·         Perbaikan rumah rakyat yang layak huni akan menjadi skala prioritas. Kepemimpinan kami harus memastikan agar rakyat mendapatkan rumah yang layak dan sehat.

Selasa, 21 Desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Segmen Pemilih: Ibu-ibu
Sudah terbukti, bahwa daerah akan maju, dan akan mencapai standar kesejahteraan dan kemandirian ekonomi rumah tangga, apabila pemerintah daerah memberikan perhatian yang lebih kepada kaum perempuan. Perempuan adalah sumber kebudayaan. “Selama kepemimpinan saya, tidak ada lagi Ibu-ibu yang kekurangan gizi pada saat melahirkan”. Peningkatan kemampuan produksi rakyat akan memprioritas pada pemberian ketrampilan Ibu-ibu. Kalau perlu kita akan datangkan para ahli dari Jawa Tengah, bahkan kita hrs memiliki kemampuan eksport. Ini semua tidak terlepas dari program menempatkan perempuan sebagai pilar kemajuan masyarakat Pandeglang.



Rabo, 22 Desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Segmen pemilih: Ibu-ibu dan sekaligus peringatan hari Ibu.
Secara serentak di 5 kecamatan diadakan atraksi oleh para Ibu-ibu, bisa berupa kerja bakti merawat mesjid/mushola sekaligus masak-memasak; kepemimpinan perempuan; pemberdayaan ekonomi perempuan, maupun berbentuk karnaval dengan berjalan kaki bersama calon, melewati tempat-tempat strategis yang banyak kerumunan orang, dengan diiringi oleh kesenian Pandeglang dan Drum Band.

Kamis, 23 Desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Segmen pemilih: Para budayawan
Sepesat apapun pembangunan tidak boleh melupakan ciri khas Pandeglang yang kental dengan nilai-nilai budaya dan religi. Karena itulah pengembangan kebudayaan Pandeglang tidak hanya berorientasi internal, namun juga eksternal untuk diperkenalkan ke provinsi lain, bahkan ke Mancanegara. Kesenian, atraksi debus, produk kerajinan, furniture dll yang khas Pandeglang dikemas menjadi satu kesatuan produk kebudayaan.

Jumat, 24 Desember 2010
ISSUE UTAMA
PESAN DAN KETERANGAN
Segmen pemilih: Guru;
Press release pasangan calon
Masa depan Pandeglang akan sangat ditentukan oleh kebijakan untuk menyiapkan generasi muda Pandeglang. Pendidikan yang membangun karakter, dengan dilandaskan pada kultur Banten yang religius, serta berorientasi pada peningkatan martabat rakyat agar siap bekerja secara mandiri mutlak dilakukan. Peningkatan pendidikan dan ketrampilan guru mutlak dilakukan. Kami akan bekerja sama dengan beberapa universitas untuk peningkatan kualitas guru.

·         Serangan udara memalui media dalam bentuk pemberitaan tersebut pada saat bersamaan dilakuka pemutaran iklan melalui Radio seperti rekaman Pasangan calon; Ananta Wahana, dll sesuai segmen pemilih yang digarap.

Kriteria Keberhasilan serangan udara:
Serangan udara akan dinilai efektif apabila ketika petani di semua kecamatan ditanya program unggulan Pasangan IRAMA no 5 terhadap pertanian mereka dapat memberikan jawaban yang sama. Artinya pesan sudah ditangkap oleh segmen pemilih. Karena itulah SANGAT DILARANG untuk memberikan program terlalu banyak ke pemilih. Hanya 1 program, atau maksimum 2 program untuk setiap segmen pemilih. Demikian pula untuk segmen pemilih yang lain. Harus ada pesan yang sama yang ditangkap pemilih.

Manumen
Pada saat bertemu dengan kelompok masyarakat, pasangan calon juga dapat membuat monumen sederhana, atau menandatangani kontrak politik.
Misal ketika bertemu dengan pedagang pasar, calon dapat membuat monumen, berupa menandatangani Baliho kecil, dimana di dalamnya tertulis “Ketika kami dipercaya rakyat memimpin Pandeglang, maka pasar tradisional, ini akan kami perbaiki, kami bangun, kami benahi tata kelola manajemen Pasar. Pasar ini dengan demikian menjadi pusat perkembangan ekonomi rakyat. Dan kami berjanji untuk tidak memberi ijin pembangunan mal atau supermarket yang bisa mematikan pasar tradisional. Pembangunan pasar tradisional ini akan diprioritaskan kepada para pedagang yang sudah berdagang di pasar ini. Dan tidak diperlukan uang muka untuk menggunakan kios untuk berdagang. Semoga Allah SWT merestui niat tulus ini”. Baliho kecil tersebut kemudian ditandatangani oleh kedua calon, dengan saksi yang diambil dari pedagang yang dianggap tokoh di pasar tsb.
Baliho tersebut dapat dibuat untuk pengembangan peternakan; komitmen pada Ibu-ibu sesuai tema-tema serangan udara yang terdapat di tabel di atas.

SERANGAN DARAT
·         Bentuk-bentuk serangan darat: penggalangan tokoh; memecah tokoh aliansi lawan; menggalang dukungan dari calon dan pendukung calon yang tidak punya prospek menang (dari hasil pilkada I); gerakan door to door mendatangi pemilih; dan operasi khusus pada H-1 dan hari H untuk membangun persepsi kuat.
·         KPUD, PPK sampai KPPS serta kepolisian dijadikan variable pemenangan sehingga harus ada upaya penggalangan kepada mereka dengan target optimal mereka bisa netral terhadap jalannya pilkada
·         Serangan udara dan serangan darat harus bisa membangun PERSEPSI MENANG. Kalau dari seluruh lini berkata: “pasangan no 5 paling kuat”, dan disisi lain dikatakan: “pasangan no 6, curang yang dibuktikan dengan hasil MK”, maka persepsi menang tersebut akan SULIT DITEMBUS oleh serangan fadjar.
·         Kunci serangan darat: mendatangi langsung ke pemilih. Berbicara dan meyakinkan pemilih. Karena itulah serangan darat hanya bisa dilakukan oleh Partai yang memiliki kader militan. Terbukti bahwa gotong royong PDI Perjuangan jauh lebih besar daripada lainnya.
·         Serangan darat diawali dari daerah padat penduduk, dan pada H-3 hanya berkonsentrasi pada daerah basis.
·         SERANGAN DARAT JUGA SEMAKIN EFEKTIF apabila didukung oleh orang-orang yang dianggap tokoh dan memiliki ketrampilan berbicara, meyakinkan dan ketrampilan membujuk, YANG KEMUDIAN MENDATANGI PASAR, BANJAR, dan rumah-rumah tokoh lokal seperti ketua RT.
·         Serangan darat sekaligus melakukan perkiraan perolehan suara.

Bagaimana Membagi Sumber Daya?
Dari pengalaman setiap orang mampu mendatangi 20 sd 30 rumah tangga per hari. Logistik dari tim serangan darat ini harus dilengkapi dengan dana operasional dan logistik berupa sticker dan kartu saku, dan contoh kertas suara.
Apabila tim memiliki pasangan serangan darat sebanyak 100 orang, maka penugasan tim tersebut di setiap kecamatan harus proporsional dengan jumlah penduduk. Misal di kecamatan Menes dimana prosentasi penduduk sekitar 40% yang tinggal di kec tersebut, maka tim serangan darat yang bertugas di kecamatan tsb sebesar 40 orang. 40 orang ini kemudian bergerak ke desa-desa di kec Menes secara proporsional. Adapun penduduk yang didatangi harus dipilih secara acak. Kecuali pada H-5, fokus serangan darat untuk emmantapkan basis dukungan (bukan melakukan ekspansi). Harap diingat bahwa menggarap segmen pemilih baru/pemilih baru dengan maksud ekspansi pada H-5 sudah tidak efektif.

PENGAMANAN TERITORIAL
Bentuk strategi lain pada H-3 adalah melakukan pengamanan teritorial, dimana desa atau kelurahan yang dipastikan memberikan dukungan ke IRAMA, harus dijaga oleh kader militan, termasuk satgas agar tidak di-infiltrasi oleh pasangan dari pihak lawan.
Pengamanan teritorial ini juga untuk menangkal money politic ytng dilakukan pada H-1. Apabila pihak lawan terbukti melakukan money politic, maka segera ditangkap; dilaporkan ke Panwaslu; dan diproses hukum. Jangan lupa segera membuat berita acara atas temuan kecurangan tsb.

INFILTRASI KE MUSUH
Menjelang H-7 sangat efektif untuk perang urat saraf dan infiltrasi ke musuh. Misal ada seorang camat yang nyata-nyata mendukung pasangan no 6, maka harus dicari orang yang disegani oleh camat tersebut. Orang tsb lalu mendatangi camat tsb dan menyampaikan bahwa terlalu bahaya dalam karirnya apbl terang-terangan mendukung no 6, dan menunjukkan hasil survey yang menempatkan calon no 5 sebagai pemenang. Orang tsb kemudian membujuk camat tersebut agar merubah sikapnya menjadi netral. Yang paling bagus apabila camat tersebut berbalik menjadi pendukung no 5 dengan jaminan dari pasangan no 5 untuk mendapatkan promosi apabila pasangan no 5 menang.

OPERASI KILAT
Operasi kilat hanya efektif apabila dilakukan pada H-2 sehingga tidak bisa ditiru oleh pihak lawan. Operasi kilat ini bisa berupa: komitmen anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan calon untuk memperjuangkan dana pemberdayaan RT sebesar Rp. 2 juta per tahun (tetapi tidak boleh ditandatangani calon). Yang membuat komitmen adalah anggota legislatif dari PDI Perjuangan untuk memperjuangkan hal tersebut apabila pasangan no 5 menang. Dan tugas tsb sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi aspirasi dewan.
Surat simpatik bisa ditujukan untuk petani; peternak sapi; Ibu-ibu; pura; tokoh adat dll.

WASPADA: MENTALITAS JUANG
Seluruh Tim kampanye dan komandan peran di seluruh tingkatan harus mewaspadai di dalam menjaga mentalitas juang dan spirit menang. Biasanya lawan akan memperlemah kita dengan sengaja membagi dana dalam amplop dalam jumlah besar. Misal Rp. 100ribu per amplop dan sengaja dibagi agar salah satu amplop tersebut diterima oleh ranting kita. Sering kali ranting dan PAC merasa panik bahwa lawan telah membagi uang, dan kita tidak. Hal ini harus diubah menjadi hal positif, bahwa money politik menunjukkan lawan sudah takut, dan kemudian dengan sistem insentif bahwa siapa yang menangkap money politik diberi hadiah. Disisi lain harus ada penjelasan bahwa money politik itu hanya untuk mengacaukan pertahanan kita.

PENUTUP
Kunci kemenangan terletak pada figur; strategi; koordinasi; dan kemampuan untuk terus menerus memotivasi team. Jalan kemenangan sudah di depan mata. Selamat berjuang!!! Merdeka!!!!
Salam juang.
Desk Pilkada DPP PDI Perjuangan
Merdeka!!!!

Tidak ada komentar: